Mengenal Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Tubuh

manggaBuah Mangga atau dalam bahasa latinnya “mangifera indica” berasal dari daerah bombay, India dan daerah sekitar kaki gunung himalaya. Dari sanalah buah ini kemudian menyebar luas ke indonesia, bahkan kemudian ada yang tersebar sampai ke daerah eropa, termasuk juga afrika dan asia. Mangga mengandung vitamin C, A, B6, serat, tembaga, kalium serta magnesium. Maka, tak mengherankan buah ini berperan penting dalam pemenuhan nutrisi bagi tubuh semua orang. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah mangga bagi kesehatan

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Tubuh

  • Sumber vitamin C
    Karena warna dagingnya yang kuning, bisa diketahui jika buah mangga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C dalam mangga ini berfungsi untuk menciptakan sel baru dalam tubuh dan berperan untuk memaksimalkan penyerapan zat besi pada tubuh. Selain itu beberapa nutrisi yang terkandung dalam mangga ini juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting. Misalnya dapat digunakan untuk mengobati sariawan hingga memperkuat dan membuat pembuluh nadi lebih elastis. Kandungan vitamin C pada mangga juga bisa memperkuat imunitas pada tubuh anda.
  • Mencegah dan melawan sel kanker
    Di dalam daging mangga terkandung beberapa antioksidan yang baik sekali untuk tubuh. Misalnya asam galat, astragalin dan beberapa enzim penting lainnya. Zat antioksidan tersebutlah yang membuat mangga memiliki fungsi untuk mencegah kanker. Beberapa sel kanker yang bisa dicegah dan dilawan dengan mangga antara lain kanker usus besar, kanker prostat dan kanker payudara. Jika anda ingin sehat dan bebas dari penyakit berbahaya tersebut anda bisa mengkonsumsi buah mangga.
  • Menstabilkan dan menurunkan kolesterol
    Apakah anda sering memiliki masalah dengan kolesterol yang berada dalam tubuh anda? Jika benar, jangan terlalu lama dibiarkan. Kolesterol yang mengendap di dalam tubuh manusia bisa menyebabkan penyakit berbahaya jika terlalu lama dibiarkan. Dengan memakan mangga, anda juga bisa menjaga kolesterol dalam tubuh anda. Ini karena mangga mengandung vitamin C, pektin dan beberapa serat yang bisa menurunkan dan menjaga kolesterol agar tetap stabil.
  • Membantu pencernaan
    Mangga ternyata juga memiliki beberapa enzim yang memiliki fungsi untuk mempercepat pemecahan lemak dan protein pada makanan yang anda konsumsi. Kandungan serat pada mangga juga menjadikan proses pencernaan pada usus anda lebih lancar sehingga anda tidak akan mengalami kesusahan buang air besar. Mengkonsumsi mangga setiap hari juga ternyata bisa melicinkan organ pencernaan anda. Jadi anda bisa buang air besar secara teratur dan tidak menimbun sampah di dalam tubuh anda.
  • Menjaga kesehatan mata
    Tak hanya menjadi sumber vitamin C yang baik untuk tubuh saja. Ternyata mangga juga menjadi sumber vitamin A yang baik untuk mata. Dalam satu cangkir irisan daging mangga terdapat 25% kandungan vitamin A yang bisa memenuhi kebutuhan harian anda.
    Mangga juga bisa mencegah beberapa penyakit mata seperti rabun senja, mata kering, mata kelelahan, iritasi mata dan masih banyak lagi. Jika anda ingin mata anda sehat, anda bisa mengkonsumsi mangga secara teratur. Selain merawat mata melalui nutrisi yang diberikan mangga, anda juga harus mengistirahatkan mata anda secara teratur. Baca artikel tentang cara menjaga kesehatan mata untuk refferensi lebih lanjut.
  • Mempercantik kulit
    Mangga memiliki serat yang sangat tinggi. Selain serat, mangga juga mengandung vitamin A yang tak hanya baik untuk mata anda tetapi juga baik untuk kulit anda. Vitamin A pada mangga ini bisa mencegah kulit kusam, mengecilkan pori-pori yang besar dan menghaluskan kulit. Tak hanya kandungan vitamin A saja yang baik untuk kulit.
    kandungan vitamin C pada mangga pun juga bisa mempercantik kulit anda. Vitamin C dalam mangga ini bisa merangsang pembentukan kolagen pada kulit anda sehingga kulit anda menjadi lebih sehat. Selain vitamin, nutrisi dalam buah mangga yang menyehatkan kulit adalah phenol dan enzim.
  • Meningkatkan daya ingat
    Buah mangga ternyata juga memiliki fungsi untuk meningkatkan memori dan memperkuat daya ingat. Ini dikarenakan buah mangga mengandung kadar asam glutamin yang cukup banyak. Senyawa inilah yang menyebabkan buah mangga bisa meningkatkan daya ingat saat anda memakannya. Karena manfaat inilah buah mangga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Jadi, lebih seringlah memberikan anak anda buah mangga agar anak anda menjadi lebih cerdas.
  • Cocok untuk ibu hamil
    Mangga tak hanya cocok untuk anda yang ingin sehat saja. Mangga ternyata juga cocok untuk anda yang sedang hamil muda. Dengan memakan mangga, anda bisa mengurangi rasa mual yang anda alami di awal kehamilan. Tetapi untuk mengurangi rasa mual, anda dianjurkan untuk memakan mangga muda. Meskipun memakan mangga muda bisa meredakan mual, tetapi anda tetap harus memperhatikan kesehatan lambung anda. Selain meredakan mual, mangga juga mengandung zat besi tinggi. Zat besi tinggi inilah yang menjadikan janin yang ada di dalam kandungan anda menjadi lebih sehat.
  • Merawat kecantikan wajah
    Mangga tak hanya baik untuk kesehatan kulit tubuh anda. Buah ini ternyata juga bisa digunakan untuk membuat kulit wajah anda menjadi lebih cantik. Ada beberapa cara untuk menjadikan mangga sebagai perawatan kecantikan. Salah satunya adalah dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

Itulah beberapa manfaat dari buah mangga yang bisa kami bagikan kepada anda, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih Salam Sehat.

by.obathipertiroid.gov7.net/